Beranda > About Remaja > Masa Remaja

Masa Remaja

Senang rasanya kalau ada orang yang kita suka apalagi kalau sama-sama suka. Hari-hari terasa berbunga-bunga, rasanya dimana-mana terlihat wajah si dia. Sedang belajar, sedang makan , sedang nonton TV bahkan terkadang sedang beribadah pun ingat si dia…weleh-weleh. Biasanya masa ini dialami pada masa remaja. Menurut George Lavinger ( 2001 ), masa remaja adalah masa ketika remaja mulai mengenal minatnya untuk berhubungan dengan lawan jenis. Hal ini ditandai dengan perhatiannya terhadap penampilan fisik seperti berhias dan berpakaian.

masa remaja

Masa remaja terasa begitu indah karena salah satunya mulai tumbuh rasa suka/tertarik dengan lawan jenis. Masa inilah remaja sebagai individu mengalami perkembangan fisik dan mental. Dr. Sarlito Wirawan Sarwono membatasi usia remaja ini antara 11 – 24 tahun dengan pertimbangan sebagai berikut :

a. Usia 11 tahun adalah usia dimana pada umumnya tanda-tanda seksual sekunder mulai nampak (kriteria fisik)

b. Kebanyakan masyarakat Indonesia, usia 11 tahun sudah dianggap aqil baligh menurut agama maupun adat sehingga masyarakat tidak lagi memperlakukan mereka sebagai anak-anak (kriteria sosial)

c. Pada usia tersebut mulai ada tanda-tanda penyempurnaan perkembangan jiwa

d. Batas usia 24 tahun merupakan batas maksimum untuk memberi kesempatan mereka mengembangkan dirinya setelah sebelumnya masih tergantung pada orang tua.

Kategori:About Remaja
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: