Beranda > Kiat Belajar > TIPS SPMB/SNMPTN

TIPS SPMB/SNMPTN

spmb

Bagi sahabat yang ikutan SPMB/SMPTN, Berikut ada beberapa tips menjelang SPMB/SNMPTN yang saya dapat dari bimbel maupun dari pengalaman. Semoga ini dapat bermanfaat bagi sahabat, Dan perlu di ingat berusaha dan berdoa selalu ya..! dan jangan tegang hadapi dengan senyuman dan enjoy aja lagi…!Ingat H2N,HADAPI-HAYATI-NIKMATI…

Langkah 1

Perkuat IMAN&TAKWA dan Bangun sikap MENTAL POSITIF

Langkah 2

Jika sahabat mau ikutan SPMB/SNMPTN…sahabat harus punya tekad yang kuat selain punya targetan yang diraih…Ingat TEKAD BAJA! Diniatkan yang MANTAP jangan setengah-setengah. Siapkan semua “SENJATA” serta ”PERLENGKAPAN PERANG” untuk menghadapi ujian yang satu ini. Buat Perencanaan mau kemana saya nanti kuliah, ke Tehnik Elektro ITB, Kedokteran UNPAD, Psikologi UGM, Hukum UI atau yang lainnya dan perlu diingat apa Orientasi sahabat, jenjang studi (gelar) atau kuliah mau cepat kerja sesuaikan dengan keuangan Orang tua sahabat …OK! Beli atau pinjam soal-soal SPMB tahu-tahun terdahulu dari kakak-kakak kelas atau saudara kemudian kerjakan soal-soal itu sebanyak mungkin karena soal SPMB itu mengulang dari soal-soal tahun terdahulu TAPI waktu SNMPTN 2009 soalnya beda banget dengan soal-soal terdahulu, soalnya lebih sedikit tapi lebih susah. KABAR GEMBIRANYA terkadang ada soal-soal yang tipenya sama persis dengan soal terdahulu hanya angka-angka yang dirubah. Dari dulu Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri namanya selalu berubah tapi INTINYA TETAP SAMA. Dulu namanya Proyek Perintis, Skalu, Sipenmaru, UMPTN, SPMB kemudian SNMPTN .Jangan meremehkan Ujian hari pertama karena ini bisa menjadi salah satu lumbung nilai bagi sahabat.

Langkah 3

Seandainya sahabat punya rizky lebih saya sarankan untuk ikutan BIMBEL yang menurut sahabat bagus dan berdampak pada kemajuan akademis sahabat. Kalo tidak pun gak masalah, jangan malu-malu untuk minta diajari sama kakak-kakak yang sudah kuliah, maksimalkan waktu saat pemantapan jangan dijadikan sebagai waktu ”daripada”, daripada pulang ,daripada tidur…dll, minta penjelasan pada guru kalo belum paham bahkan minta diajarin sama adik kelas juga boleh.

Langkah 4

Untuk mengukur kemampuan sahabat …ikutan TRY OUT boleh juga tuh!Jika ada TRY OUT usahakan untuk ikutan dan pastinya banyak lembaga-lembaga bimbel yang mengadakan TRY OUT buat sahabat baik yang Gratis maupun berbayar dan juga disekolah juga ada. Pastikan kamu ikutan….!he..he..jadi maksa,…maaf ya…! Dengan ikutan TRY OUT kamu akan tahu sejauhmana kemampuanmu…Kalo udah ikutan cocokan PASSING GRADE yang didapat dengan Passing Grade jurusan yg diminati. Kira-kira cukup nggak? Tapi kalo gak cukup pilih jurusan alternatif yang nilai PASSING GRADE nya lebih rendah,..eh untuk melihat Nilai PASSING GRADE setiap jurusan dan PTN biasanya ada ditempat-tempat bimbel atau tanya aja ketemen yang ikut bimbel ,potocopy deh sama kamu.

Langkah 5

Kuatkan Iman dan Takwa LAGI, yang seharusnya ini menjadi langkah yang terawal kamu jalani….Banyak Berdoa pada ALLAH SWT. Perbanyak ibadah sunnah seperti, shalat DHUHA, TAHAJUD, TILAWAH, SHADAQAH, SHAUM SENIN-KAMIS dan buanyak yang lainnya. Tapi jangan karna mau UJIAN baru deh ”SADAR” bagusnya sih Perkuat Iman dan Takwa itu setiap saat….eh malah jadi ceramah ^_^

Langkah 6

Hati-hati dengan masalah Teknis PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN, pengisian formulir harus tepat dan hati-hati tdk boleh kotor, basah, terlipat atau lecek karena Formulirnya akan dibaca oleh KOMPUTER yang tidak pandang bulu sehingga hal tersebut sangat berpengaruh. Sayang kan….., kl sampai terjadi “KECELAKAAN” padahal nilai SPMB mu cukup tinggi,hiks..hiks….

Langkah 7

Jangan lupa untuk SURVEI TEMPAT SPMB minimal 2 hari sebelum hari SPMB. Untuk mengetahui medan tempur supaya persiapan MANTAP.Biasanya kelas yang dipake SPMB dikunci jadi kamu hanya bisa melihat no urut dipintu dan ngintip2 tempat dudukmu dari jendela DAN INGAT PADA MALAM HARI SEBELUM SPMB JANGAN TERLALU BANYAK BELAJAR ATAUPUN KEGIATAN BERAT LAINNYA, TAPI ISTIRAHAT UNTUK MENENANGKAN PIKIRAN, AGAR BESOKNYA BISA SEGAR. .

SIAPKAN “SENJATA-SENJATA” BERIKUT :

1. MINIMAL 4 MATA PENSIL 2B YANG SIAP PAKAI, BISA DENGAN MENYERUT 2 UJUNG PENSIL 2B,

2. PENGHAPUS YANG BERSIH,

3. PENGGARIS, KLIP/PENJEPIT KERTAS MINIMAL 5 BUAH

4. PULPEN, TISSUE/SAPUTANGAN, ALAS, JAM YANG TEPAT, AIR MINUM.

O, YA KARTU UJIAN-NYA NGGAK BOLEH LUPA LHO… kalo bisa datang 15 menit sebelum masuk kelas jangan kepagian nanti Be-Te nugguin jangan pula telat nanti repot, cukup bawa perlengkapan tuk ujian aja. Kalo soal-soal hitungan kamu bisa menghitung di naskah soal atau kamu sediakan kertas sendiri khusus menghitung. MANFAATKAN WAKTU-WAKTU “INJURY TIME” UNTUK MENGECEK TERAKHIR KEBENARAN FORM NAMA, NOMOR DLL SERTA JAWABAN PADA LEMBAR JAWABAN KOMPUTER.

Jangan terburu-buru, nyantai aja tapi juga jangan membuang waktu misalnya menyerut pensil dsb,  Rugi Lho…!Setelah selesai ujian disarankan langsung pulang saja ,Hindari ajakan teman untuk membahas ujian tadi . Hal itu bisa membuat diri stres tak menentu. Tapi kalo kamu kebal terhadapa rasa penyesalan boleh saja. Mendingan  Kumpulkan energi saja buat besok.

HAL-HAL YANG TAK KALAH PENTING DALAM PEMILIHAN

memilih jurusan ada baiknya CARI INFORMASI terlebih dahulu agar tidak terjadi PENYESALAN di kemudian hari. Tanya-tanya sama kakak kelas atau teman-teman, bagaimana kuliahnya, dosennya, fasilitannya pergaulannya Ospeknya biayanya, praktikumnya dll

Semoga Bermanfaat

Kategori:Kiat Belajar
  1. hasanudin2
    28 September 2009 pukul 03:50

    ayo semangat bikin blognya

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: