Beranda > Kesehatan > Tips Hidup Sehat

Tips Hidup Sehat

makanan-sehat-ala-rasulullah

UDARA BERSIH

Ketika kita bangun tidur dipagi hari, usahakan kita keluar rumah dan  hirup udara pagi yang segar dan kaya akan oksigen dengan cara ambil nafas dalam-dalam tahan sebentar kemudian keluarkan dan lakukan beberapa kali. Hal ini sangat bagus untuk kesehatan organ pernafasan kita dan menjernihkan pemikiran kita. Lakukan secara teratur. Hindari tidur dengan posisi kepala tertutup bantal atau sejenisnya karena tubuh akan kekurangan oksigen. Jauhi asap rokok dan asap-asap yang lainnya.

MAKANAN SEIMBANG

Usahakan makanan yang kita konsumsi sehari-hari memenuhi syarat halal dan thoyyib (baik). Jangan kekurangan atau berlebihan tapi seimbang (tawazun). Salah kaprah tentang pengertian “Diet”, yang sering mengidentikkan dengan mengurangi makan, adalah hal yang salah. Diet adalah pengaturan pola makan, yang selalu dibutuhkan dalam keseharian kita. Seimbangkan mengkonsumsi karbohidrat 50%,protein30%,lemak20%. “Makanlah setelah lapar, dan berhenti sebelum kenyang.” Rasululah tentunya adalah seorang ahli dalam hal pola makan. Hal tersebut sejalan dengan para ahli kesehatan kini, dimana pengaturan pola makan yang baik adalah yang mencukupi kebutuhan kalori dalam sehari. Makan setiap 4 jam, walaupun belum lapar. Ubahlah pola makan ala Indonesia (3x sehari) menjadi rutinitas yang lebih sering 4-6 kali sehari, jika mampu. Setelah 4 jam, lambung cenderung kosong, dan tubuh selalu membutuhkan nutrisi. Makanlah dalam porsi kecil. Hal ini akan menjamin tubuh memperoleh nutrisi untuk stamina, dan juga mencegah rasa lapar dan ngemil. Mereka yang kurus akan memperoleh manfaat penambahan berat badan, dan mereka yang gemuk juga memperoleh manfaat dengan pengurangan berat badan. Tentu hal-hal tersebut harus dipadu dengan olahraga yang baik.
Perbanyak mengkonsumsi makanan kaya serat, seperti sayuran dan buah-buahan. Kurangi makanan cepat saji (fast food). Kurangi pula asupan bahan makanan sintetis seperti yang kita temui pada makanan olahan (makanan kaleng, daging olahan, makanan yang diawetkan, mi instan), atau yang menggunakan zat pewarna.

Cukuplah bagi mereka beberapa suap yang dapat menegakkan tubuhnya. Kalaupun harus dipenuhkan, maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk udara, dan sepertiga untuk air. (Hadist riwayat Tirmidzi).

Katakan apa yang engkau makan, saya akan tahu siapa sebenarnya dirimu -Anthelme Savarin


BANYAK MINUM

Usahakan untuk minum yang banyak dalam keseharian kita walau 7-10 atau 2liter sehari sudah cukup. Dengan banyak minum maka proses metabolisme dalam tubuh akan lancar dan racun-racun akan terbawa mengalir lewat keringat dan air seni. Proses detoksifikasi dalam tubuh akan berjalan  cepat. Dan juga kulit Anda akan terasa halus. Jangan menuggu haus jika ingin minum karena setiap saat cairan dalam tubuh kita terus menurun seiringnya berjalan waktu. Dalam tubuh kita 90% tersusun dari cairan terutama otak dan darah. Walau Anda jarang berolahraga tapi banyak minum maka Anda akan jarang jatuh sakit apalagi rajin berolahraga. Baik pula mengkonsumsi suplemen herbal seperti madu, teh rosella, teh hitam/hijau atau jus.

OLAH RAGA TERATUR

Lakukan olahraga teratur minimal 3 kali dalam sepekan walau tak lama asal teratur. Rasulullah SAW menjelaskan agar umat muslim menguasai ilmu berkuda, berenang, dan memanah. Hemat kata, ketiga hal tersebut mengacu pada aktifitas jasmani atau jasadiyah. Secara garis besar, olahraga terdiri dari dua jenis, yaitu anaerobik, dan aerobik. Aerobik berasal dari bahasa Yunani yaitu ‘aero’ yang berarti udara dan ‘bios’ yang berarti hidup. Secara harfiah, aerobik berarti hidup dengan udara (oksigen). Aktifitas aerobik dapat diartikan sebagai aktifitas dimana tubuh memerlukan banyak oksigen untuk pembentukan energi tubuh (hidup), sedang aktifitas anaerobik kurang atau membutuhkan sedikit oksigen. Contoh olahraga anaerobik adalah angkat beban, dan contoh olahraga aerobik adalah jogging. Olahraga anaerobik cenderung membakar karbohidrat sebagai energi, sedang olahraga aerobik membakar lemak sebagai energi.
Jogging setelah bangun tidur sangat baik untuk membakar kelebihan lemak tubuh. Lakukanlah jogging dalam keadaan belum memperoleh asupan nutrisi apapun, kecuali air, sehingga tubuh akan membakar lemak sebagai energi. Bagi orang yang kegemukan, lakukan jogging dengan intensitas sedang (tidak terlalu cepat). Pengaturan waktu bisa 3 kali sepekan, dengan masing-masing 30-45 menit, atau 5-6 kali sepekan @10-15 menit. Bagi mereka yang kurus, lakukan dengan intensitas lebih, dalam tempo yang lebih sebentar, misal 3 kali sepekan @10-15 menit. Ingat! Jangan mengkonsumsi makanan berlebih setelah jogging

Mu’min yang kuat lebih disukai Allah daripada mu’min yang lemah .

ISTIRAHAT CUKUP

Istirahat yang cukup berperan dalam meregenerasi sel-sel tubuh. Istirahat yang paling efektif adalah tidur jadi jika Anda istirahat dalam pengertian berdiam diri(tidak tidur) saja hal itu belumlah mampu merefresh tubuh Anda

HINDARI STRESS

Perasaan stress membuat antibodi tubuh kita menurun sehingga rentan terkena penyakit. Jika Anda mempunyai banyak masalah maka sikapilah dengan sikap mental positif. Hadapi,hayati dan nikmati semua permasalahan.

Wallahu’alam

Semoga Bermanfaat

Kategori:Kesehatan
  1. syahnazz
    12 Februari 2010 pukul 11:36

    oooooooo

  2. Dee
    19 April 2010 pukul 04:44

    Sehat jasmani dg olah raga dan makan sehat. Sehat uhani dg Ngaji, perkaya Tsaqofah Islam n dakwah.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: