Beranda > Kesehatan > Kiat Diet

Kiat Diet

diet_ok

Dengan makan kita mendapat energi yang dibutuhkan jasad untuk beraktivitas. Apa yang kita makan sangat berpengaruh pada jasad kita bahkan ruhiyah kita. Adakalanya kita terlalu berlebihan dalam hal makan sehingga tubuh kita menjadi melar.

Rasulullah Saw. bersabda, ”Seorang mukmin itu makan dengan satu usus sementara orang kafir makan dengan tujuh usus”. (HR. Muslim, Turmidzi, Ahmad dan Ibnu Majah). Setelah kita sadar, bahwa kita kelebihan berat badan maka kita pun berusaha sebisa mungkin untuk mengurangi berat badan kita ini.

Ada orang yang memiliki berat badan berlebih sejak lahir. Hal ini dipengaruhi sifat genetis. Orang ini hanya perlu menjaga keseimbangan berat tubuhnya sehingga ia bisa bugar dan sehat. Adapun orang yang sejak lahir berat badannya normal tapi setelah ia tumbuh berat badannya menjadi berlebih yang dikarenakan makan terlalu berlebih. Pada dasarnya baik orang kurus atau gemuk harus melakukan yang namanya “DIET”.

Salah kaprah tentang pengertian “Diet”, yang sering mengidentikkan dengan mengurangi makan, adalah hal yang salah. Padahal diet adalah pengaturan pola makan, yang selalu dibutuhkan dalam keseharian kita. Jadi diet adalah pengaturan pola makan sehari-hari. Dah Ngerti kan sekarang…?

“Makan sebelum lapar, dan berhenti sebelum kenyang.” Rasululah tentunya adalah seorang ahli dalam hal mengatur pola makan. Hal tersebut sejalan dengan para ahli kesehatan kini, dimana pengaturan pola makan yang baik adalah yang mencukupi kebutuhan kalori dalam sehari.

Nah, sahabat ini ada beberapa saran dari para ahli yang tentunya jauh-jauh hari sebelum para ahli ini menemukan saran diet ini Rasulullah sudah melakukan dari dulu. Canggih ya Rusulullah.

Nah ini dia sarannya,baca dengan seksama ya…!

# Segera konsumsi makanan setelah bangun tidur malam

Segera konsumsi makanan setelah bangun tidur malam. Setidaknya kurang dari 30 menit. Mengapa? Karena saat tidur, tubuh juga tetap menyerap nutrisi. Setelah tidur 4-6 jam, tubuh membutuhkan nutrisi lebih saat bangun dari tidur. Bila tidak, akan terjadi apa yang dinamakan katabolik, dimana tubuh memakan tubuh sendiri, khususnya protein otot. Hal ini sangat tidak baik karena cenderung akan menyisakan lemak tubuh. Bagi orang gemuk, tentu akan menambah komposisi lemak tubuh, dan bagi orang yang kurus, akan semakin menurunkan stamina karena otot berkurang. Biasanya Rasulullah selalu mengonsumsi kurma dan madu.

# Biasaka makan pagi

Bagi sahabat yang jarang atau ogah makan pagi sekarang biasakan ya… untuk makan pagi karena makan pagi atau sarapan pagi sangat bermanfaat. Hal ini dapat memelihara ketahanan fisik, mempertahankan daya tahan saat bekerja dan meningkatakan produktivitas kerja. Bagi sahabat yang masih sekolah, makan pagi dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan memudahkan menyerap pelajaran. Eh..sahabat ini bener lo!dulu pernah saya berangkat sekolah gak makan pagi dulu pas dikelas saat guru ngajar yang terlintas dipikiran saya bukan pelajaran malah makanan dan keringat saya banyak serta pusing-pusing jadi ingin cepet2 pulang deh. Hah baru saja masuk udah mau pulang  lagi. Kenapa jadi curhat gini ya..he..he…! ^_^ .

Namun demikian jangan mentang-mentang harus sarapan pagi kita malah makan makanan semua yang ada di meja makan ..wah rakus banget ya. Dianjurkan mengonsumsi karbohidrat yang mudah dicerna dan jumlahnya relatif kecil mengingat pagi hari merupakan siklus pembuangan (detoksifikasi) ,agar tidak menghambat proses pembuangan tadi.

# Kalo bisa makan 4 jam sekali walau belum lapar

Kebiasaan makan 3x sehari kuranglah tepat. Biasakan makan 4-6 kali sehari dalam porsi kecil,jika mampu. Hal ini mencegah kita dari rasa lapar dan ngemil dan membuat tubuh mendapat nutrisi yang stabil. Setiap 4 jam sekali lambung kita cenderung kosong. Bagi mereka yang kurus akan memperoleh manfaat penambahan berat badan, dan mereka yang gemuk juga memperoleh manfaat dengan pengurangan berat badan. Tentu hal-hal tersebut harus dipadu dengan olahraga yang baik. Aturlah kadar makanan,seperti:komposisi kurang lebih karbohidrat 50%, protein 30%, dan lemak 20%. Rasulullah Saw tidak pernah mengenyangkan perutnya dengan dua jenis makanan . Ketika sudah kenyang dengan roti beliau tidak akan makan kurma dan sebaliknya.
“….makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS Al A’raaf:31)

#Olahraga Teratur
Olahraga membuat proses metabolisme dalam tubuh menjadi lancar. Biasakan olahraga minimal 3x dalam sepekan tak perlu lama yang penting teratur

#Istirahat Cukup
Istirahat yang terbaik baik bagi tubuh kita adalah tidur. Istirahat yng cukup dapat membuat tubuh kita kembali refresh . Siang diciptakan bagi manusia untuk berusaha, sedangkan malam untuk kita istirahat. Tidur 4-6 sudah cukup. Yang terpenting itu adalah tingkat relaksasinya bagi tubuh bukan lamanya kita tidur. Ada oramg yang cukup tidur dengan 2 jam tapi keesokan harinya tampak segar dan adapun orang yang perlu tidur 6 sampai 8 jam. Jadi tergantung relasasinya.

#Perbanyak  Minum Air Putih.

“Dan pada air Kami jadikan sesuatu yang hidup.”

(QS. 021 : 030)

Jangan menunggu haus , minumlah sesering mungkin karena akan mempercepat proses detoksifikasi. Kan nanti jadi sering ke kamar kecil. Hal itu adalah proses pembuangan racun2 melalui air kencing. Usahakan ketika bangun tidur malam pun kita langsung minum air putih

#Jangan Merokok

Begitu banyak kerugian merokok kalo kata Aa Gym, merokok itu adalah kita melakukan bunuh dir isecara perlahan-lahan. Ciri tidak mensyukuri hidup. Ia malah merusak kesehatan tubuhnya sendiri. Tidak ada untungnya merokok.

#Perhatikan siklus pencernaan makanan.

Tubuh memiliki circadian rhytm (irama biologis) dengan jam kerja tetap dan sistematis 24 jam sehari.

1.Pukul 04.00 s.d 12.00 WIB

Adalah masa pembuangan . Masa ini adalah masa pembuangan racun, tubuh secara intensif mengeluarkan sisa makanan dan sisa metabolisme. Orang yang buang air besar diluar waktu tersebut biasanya memiliki masalah dengan sistem pencernaannya. Pada siklus ini sebaiknya banyak mengonsumsi sayur dan buah tidak mengonsumsi makanan padat dan berat karena akan mengganggu proses pembuangan dan akan memperlambat

2.Pukul 12.00 s.d 20.00 WIB

Adalah masa pencernaan. Pada masa ini cocok untuk mengonsumsi makanan padat sumber karbohidrat, protein, dan lemak.

3.Pukul 20.00 s.d 04.00 WIB

Adalah siklus penyerapan. Tidak dianjurkan makan makanan padat diatas jam 20.00 WIB karena lambung tidak boleh sesak dengan makanan pada saat tidur. Saat tidur , tubuh bekrja untuk menyerap, mengasimilasi dan mengedarkan zat makan. Kurang tidur dimalam hari akan mengeanggu siklus penyerapan dan menguras energi.

Menghitung Berat Badan Ideal

BB ideal           = (TB-100)-10%(TB-100) untuk usia <=30 tahun

= (TB-100) untuk usia >30 tahun

BB= Berat Badan, TB= Tinggi Badan

Batas ambang yang diperbolehkan adalah +10%. Bila >10%dikategorikan sebagai over weight/kegemukan dan diatas 20% dikategorikan sebagai obesitas. InsyaAllah pada postingan selanjutnya akan dibahas pembahasan tentang obesitas…..

Wallahu’alam

Semoga Bermanfaat

Dari Berbagai sumber

Kategori:Kesehatan
  1. khalif nur aziz
    12 Oktober 2009 pukul 02:53

    Assalamualaikum kang Maruf,,

    hatur nuhun psan materina nya,,
    duakeun we cing dietna berhasil…🙂

    Wass…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: